Facebook dan Facebook Lite, Apa Bedanya?

Facebook memiliki aplikasi versi tampilan sederhana yang diberi nama facebook lite. Lantas, apa saja beda facebook dan facebook lite? Mari kita simak.

beda facebook dan facebook lite

Media sosial versi seluler saat ini semakin banyak dijejali fitur-fitur terbaru untuk mengikuti kebutuhan pengguna. Meskipun hal ini merupakan sesuatu yang memiliki dampak positif yang besar dalam komunitas pengguna, namun juga memberikan dampak pada ruang penyimpanan di ponsel.

Table of Contents

Itulah sebabnya beberapa jejaring sosial memutuskan untuk meluncurkan aplikasi versi ringan yang memiliki antarmuka yang lebih sederhana. Menggunakan lebih sedikit ruang di penyimpanan internal dan membutuhkan lebih sedikit memori RAM, jadi aplikasi akan berjalan lancar dan ringan.

Facebook dan Facebook Lite

Facebook adalah perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg. Jejaring sosial ini merupakan yang paling populer dan banyak digunakan di seluruh dunia dengan lebih dari dua miliar pengguna. Evolusi konstan dan implementasi berbagai fitur telah menjadikannya salah satu jejaring sosial terlengkap yang pernah ada.

Pada tahun 2015, versi lebih sederhana dari jejaring sosial ini diluncurkan, yaitu Facebook Lite. Aplikasi ini dirancang untuk wilayah yang kecepatan data selulernya tidak cukup cepat dengan konsumsi data lebih rendah dibanding versi aslinya.

Antarmuka kurang memuaskan

Facebook lite menawarkan kelebihan dalam sisi performa, konsumsi data yang rendah dan tidak banyak memakan ruang penyimpanan daripada aplikasi aslinya. Namun, banyak pengguna yang mengeluhkan antarmuka yang tidak cukup jelas saat menelusuri umpan berita yang dibagikan teman-teman mereka. Terkadang komentar gagal dimuat ketika pengguna ingin membaca komentar dari sebuah postingan.

Minat pengguna

Terlepas dari masalah mungkin ditimbulkan oleh Facebook Lite, ternyata pengguna Facebook Lite tidak kalah banyak dibanding Facebook. Dilihat dari daftar aplikasi terpopuler, Facebook lite selalu masuk daftar aplikasi gratis teratas bersama Facebook asli.

Facebook Lite dan kelebihannya

Beberapa kelebihan Facebook Lite adalah:

  • Lebih ringan dari aplikasi aslinya, sangat membantu terutama untuk pengguna smartphone keluaran lama dengan penyimpanan internal kecil.
  • Karena bekerja dengan koneksi berkecepatan rendah, aplikasi ini memiliki tingkat permintaan data yang jauh lebih rendah, sehingga kamu bisa menghemat kuota.
  • Tidak perlu menginstal Facebook Messenger sebagai aplikasi pelengkap untuk berkirim pesan.

Perbedaan antara Facebook dan Facebook Lite

Sebelum kamu memilih, manakah yang harus kamu pilih untuk diinstal di ponselmu, kamu perlu membuat perbandingan untuk mengetahui aspek terbaik dari setiap aplikasi Facebook, serta fitur yang dibutuhkan. Berikut adalah perbedaan Facebook vs Facebook Lite:

  • Ukuran File : Aspek ini harus diperhatikan terutama jika ponselmu memiliki ruang penyimpanan kecil. Ukuran aplikasi Facebook versi asli adalah 38 MB, sedangkan versi Lite hanya 1,9 MB.
  • Multimedia : Pada Facebook Lite, tidak memungkinkan pemutaran konten multimedia langsung dari Timeline seperti pada versi aslinya. Karena ini bagian dari salah satu langkah untuk menghemat konsumsi data. Dalam hal ini, kamu bisa memutar video dengan mode layar penuh.
  • Add-on : Seperti yang sudah disebutkan tadi, Facebook Lite berfungsi sebagai aplikasi all-in-one, jadi kamu tidak perlu mengunduh aplikasi Messenger untuk berkirim pesan, sesuatu yang tidak mungkin dilakukan di aplikasi aslinya.
  • Waktu pemuatan : Meskipun memakan lebih sedikit data, namun tidak mempengaruhi waktu pemuatan di Facebook Lite yang bisa jauh lebih rendah daripada aplikasi Facebook asli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *