Cara Mengurangi Penggunaan RAM Chrome dan Firefox dengan Firemin

cara mengurangi penggunaan ram chrome dan firefox

Ketika anda sedang berselancar di dunia maya menggunakan browser Chrome atau Firefox mungkin anda pernah mengalami tiba-tiba browser mengalami crash atau sistem menjadi lemot. Hal ini biasanya terjadi karena anda kehabisan RAM. Jika anda memeriksa Task Manager ketika sedang browsing, anda akan melihat browser Chrome atau Firefox memakan banyak RAM anda, terlebih jika anda membuka banyak tab.

Penggunaan RAM yang cukup tinggi pada Chrome atau Firefox akan berdampak pada sistem yang menjadi lambat dan mungkin akan membuat crash browser yang anda gunakan. Mengupgrade RAM mungkin akan menjadi solusi, namun sebenarnya anda bisa mengatasi masalah ini bahkan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Anda bisa mengatasi masalah penggunaan memori RAM yang tinggi pada browser Chrome dan Firefox menggunakan aplikasi Firemin.

Table of Contents

Dalam artikel kali ini kami akan membahas bagaimana cara mengurangi penggunaan RAM pada browser Chrome dan Firefox menggunakan Firemin sehingga browser anda akan bekerja lebih efisien.

Apa Itu Firemin?

Firemin adalah sebuah aplikasi open source yang dikembangkan Rizonesoft untuk mengurangi penggunaan memori pada peramban. Awalnya, aplikasi ini fokus untuk menghemat penggunaan RAM pada peramban firefox, namun kini firemin juga dapat mengoptimalkan browser apapun.

Firemin bekerja dengan memanfaatkan Memory Management API, fitur bawaan Windows yang berguna untuk melepaskan memori yang tidak lagi digunakan secara berkala. API ini akan dipanggil lebih sering per detik menggunakan Firemin.

Mengapa Chrome dan Firefox Boros RAM?

Di Indonesia, Chrome merupakan browser yang paling populer. Firefox juga cukup populer meski masih dibawah Edge. Kedua browser tersebut memiliki kelemahan yang sama, yakni penggunaan RAM yang cukup besar. Penyebab banyaknya memory yang digunakan adalah :

  1. Banyak membuka tab.
  2. Banyak ekstensi yang berjalan.
  3. Cache yang terus menumpuk.

Jika RAM yang terinstal di komputer anda cukup besar, mungkin anda tidak akan merasakan dampaknya. Tetapi jika RAM anda terbatas, anda akan merasakan kinerja komputer anda akan menjadi lambat ketika sistem kehabisan RAM dan mulai menggunakan memori virtual.

Cara Menggunakan Firemin untuk Mengurangi Penggunaan Memori Browser

Berikut adalah langkah-langkah menggunakan Firemin untuk mengurangi penggunaan RAM browser Chrome dan Firefox:

1. Unduh Firemin di situs resmi, kemudian install.

2. Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi Firemin.

3. Klik tombol Browse.

4. Temukan lokasi file .exe browser. Klik Open.

5. Firemin secara otomatis akan membersihkan penggunaan RAM browser. Jika anda ingin mengatur frekuensi pembersihan, ubah opsi Reduce memory every.

6. Tutup Firemin dan aplikasi akan berjalan di latar belakang untuk memantau dan membersihkan RAM yang digunakan browser.

Anda bisa memeriksa apakah aplikasi Firemin bekerja dengan melihat penggunaan RAM (memory usage) browser di Task Manager. Dari hasil percobaan kami sendiri dengan browser Chrome, aplikasi ini bekerja dengan baik dan penggunaan RAM oleh browser berkurang drastis.

Anda sekarang bisa dengan mudah mengurangi penggunaan memori oleh browser Chrome dan Firefox dengan memanfaatkan aplikasi Firemin. Aplikasi ini sangat cocok untuk anda yang menggunakan komputer atau laptop dengan ram kecil dan sering mengalami masalah penggunaan RAM yang tinggi saat menggunakan browser. Anda tidak akan mengalami lagi kinerja komputer menjadi lambat saat browsing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *