Cara Pasang Dynamic Island di Hp Android, Biar Seperti iPhone 14 Pro

Berkat dynamicSpot, ponsel androidmu bisa tampil seperti iPhone14 Pro dengan dynamic Islandnya.

dynamicSpot, Dynamic island untuk android

Melalui iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang baru, Apple menghadirkan sesuatu yang baru, yaitu Dynamic Island, yang dianggap oleh banyak orang sebagai sesuatu yang brilian dari para desainer Apple.

Dynamic Island adalah fitur perangkat lunak iOS yang membuat area kamera depan dan sensor menjadi lebih menarik dan berguna. Seperti kita ketahui, iPhone 14 Pro dan Pro Max tidak lagi menggunakan notch di bagian atasnya. Dynamic Island bisa menyembunyikan area kamera depan dan sensor tersebut dengan cara yang cantik. Area tersebut dianimasikan melalui perangkat lunak dengan latar belakang hitam digunakan yang di satu sisi memungkinkan kamu menyembunyikan lubang dan di sisi lain menampilkan informasi yang berguna bagi pengguna.

Dengan demikian, Dynamic Island menjadi wadah yang dinamis untuk notifikasi, menampilkan peringatan, kontrol multimedia yang berubah ukuran dan bentuknya tergantung pada konten yang akan ditampilkan.

Sekarang, pengguna android juga bisa membuat ponselnya tampil layaknya iPhone 14 Pro. Sebuah aplikasi dikembangkan oleh Jawomo, bernama Dynamic Spot. Jawomo mengambil dynamic island sebagai inspirasi untuk diterapkan di ponsel android.

Cara mengaktifkan dynamic island di Android

Untuk menggunakan aplikasi dynamicSpot, agar bisa menikmai fitur layaknya Dynamic Island, cukup unduh dan instal dari Play Store. Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi dan ikuti langkah berikut ini:

Cara Instal dynamicSpot

1. Ketika kamu membuka dynamicSpot pertama kali, kamu harus melakukan beberapa pengaturan. Pada aplikasi dynamicSpot, semuanya dipermudah dengan menampilkan Halaman Petunjuk penyiapan ketika kamu membukanya pertama kali.

halaman petunjuk dynamicSpot

2. Sekarang ketuk pada Pilih aplikasi. Pada opsi ini kamu bisa memilih aplikasi apa saja yang akan ditampilkan notifikasinya pada dynamicSpot dengan mengaktifkannya. Jika sudah selesei memilih, kembali ke halaman petunjuk.

3. Ketuk opsi Akses pemberitahuan. Opsi ini untuk memberikan akses notifikasi. Cari dan pilih aplikasi dynamicSpot. Kemudian aktifkan opsi Izinkan akses notifikasi. Jika sudah, kembali ke halaman petunjuk.

4. Ketuk opsi Gambar di layar. Opsi ini untuk mengatur aplikasi agar bisa menampilkan pop-up. Jika muncul pemberitahuan pilih berikutnya. Kemudian akan tampil halaman dari menu aksesibilitas. Pilih Aplikasi yang didownload. Pilih dynamic Spot. Kemudian aktifkan opsi Gunakan dynamic Spot. Sekarang kamu bisa kembali ke halaman petunjuk.

5. Jika tiga opsi sudah tercentang, maka kamu bisa ketuk SELESAI.

Cara setting dynamicSpot

Pada halaman utama dynamicSpot, ada beberapa menu yang ditampilkan. Namun hanya 4 menu yang mungkin kamu harus perhatikan.

Menu pertama adalah Notifikasi. Pada menu ini kamu bisa menambahkan aplikasi yang ingin ditampikan di dynamic Spot dengan memilih submenu Aplikasi. Jika ingin menambahkan peristiwa seperti sedang mengisi untuk ditampilkan di dynamic Spot, aktifkan opsi di submenu Baterai.

Menu kedua adalah Perilaku. Kamu bisa membuat pop-up dynamic Spot selalu tampil dengan mengaktifkan opsi Tampilkan Selalu, sehingga pada bagian punch hole akan selalu tampak melebar. Opsi dua pop-up jika diaktifkan maka akan menampilkan pop-up kedua jika ada notifikasi baru dari aplikasi lain.

Menu ketiga adalah Penampilan. Untuk versi free, di menu ini kamu hanya bisa memilih opsi untuk tampilan ikon dynamic Spot.

Menu keempat adalah Posisi. Menu ini sangat berguna jika ponsel kamu memiliki punch hole tidak di tengah. Kamu bisa memindahkan posisi pop-up dynamicSpot ke pinggir kiri atau kanan. Kamu juga bisa mengkustom ukuran dynamicSpot agar benar-benar bisa menyembunyikan kamera depan.

Bagaimana menampilkan notifikasi di dynamicSpot?

Cukup tekan dan tahan area pop-up dynamicSpot, jika terdapat notifikasi pada aplikasi yang kamu pilih, maka notifikasi akan ditampilkan.

Bagaimana jika dynamic Spot tidak befungsi atau berhenti bekerja?

Aplikasi ini tentu saja tidak akan berjalan sempurna. Setelah kamu instal dan setting aplikasi, kamu sebaiknya segera mengatur Penghematan Baterai (pada Kelola Aplikasi di menu Setting Ponsel) ke Tidak ada pembatasan. Jangan lupa matikan Mode Hemat Daya agar aplikasi tidak dimatikan oleh sistem.

Jika aplikasi terlanjur dimatikan oleh sistem, sedikit lebih sulit untuk mengaktifkannya lagi. Ketika opsi notifikasi pada halaman utama aplikasi dynamic Spot diaktifkan, opsi akan langsung di nonaktifkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa buka Pengaturan, buka Kelola Aplikasi, dan pilih dynamic Spot. Pilih Hapus Data untuk memulai pengaturan dari awal. Jangan lupa, berikan izin Tampil Jendela Pop-up pada menu perizinan lainnya. Sekarang, buka aplikasi dynamic Spot dan ulangi langkah-langkahnya seperti di awal.

Kesimpulan

Aplikasi dynamicSpot merupakan aplikasi untuk menghadirkan fitur mirip dynamic island iPhone 14 Pro. Menggunakan aplikasi pihak ketiga tentu saja akan banyak kekurangan termasuk membuat boros baterai. Jika kamu ingin dynamic island yang berjalan lebih sempurna dan tidak terlalu banyak memakan daya, mungkin sebaiknya kamu menunggu hadirnya ponsel Android baru yang menghadirkan fitur bawaan mirip dynamic island. Tetapi jika kamu tidak sabar, tidak salah untuk mencobanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *