News  

Seagate Meluncurkan HDD Secepat SSD Sata, Kapasitas Hingga 18TB

Ini menjadi hardisk tercepat yang tersedia di pasaran untuk saat ini.

Seagate baru saja meluncurkan dua model hard drive baru dengan penyimpanan 16 TB dan 18 TB, dengan kecepatan yang sebanding dengan SSD berkabel SATA, menjadikannya HDD tercepat di dunia.

Harddisk baru Seagate menggunakan teknologi MACH.2 Exos 2X16 dan 2X18 dan tersedia dalam antarmuka SATA (6 Gb/dtk) dan SAS (12 Gb/dtk). Seagate memperkenalkan teknologi MACH.2 lebih dari setahun yang lalu yang menggunakan dua logical drive, yang membantu mempercepat transfer dan akses data secara signifikan. Secara teoritis, konsep tersebut menggunakan sistem yang mirip dengan RAID untuk melakukan proses akselerasi.

halaman web seagate exos 2x18

Sebelumnya, model lini ini kapasitasnya dibatasi hingga 14 TB, tetapi pada generasi kedua ini ada dua model, satu dengan kapasitas 16 TB dan lainnya 18 TB dengan antarmuka SATA 6Gbps dan SAS 12Gbps (yang didukung enkripsi hardware). Keduanya memiliki kecepatan spindle 7200 rpm dan cache 256 MB. Didukung sistem manajemen energi PowerChoise dan PowerBalance yang dirancang untuk Pusat Data, selain kapasitas koneksi Hop-Plug.

Model Seagate baru ini dirancang untuk pusat data cloud, ekspansi horizontal skala besar, jaringan pengiriman konten, dan aplikasi data skala besar.

Fitur HDD Seagate Exos 2X18

  • Hard disk hyperscale dengan teknologi multi-aktuator MACH.2 untuk transfer data secara simultan, meningkatkan IOPS, dan menggandakan kinerja hard disk konvensional.
  • Performa SSD dalam solusi SAS 12Gb/s atau SATA 6GB/s, dengan kapasitas 18TB dan 16TB yang memanfaatkan kapasitas penuh hard drive secara efisien tanpa mengorbankan latensi, dengan TCO yang lebih rendah dan cocok untuk pusat data yang menjalankan aplikasi berat.
  • MACH.2: Exos 2X18 mencakup dua aktuator yang memberikan kinerja dua kali lipat untuk kecepatan data berurutan dan IOPS acak.
  • PowerBalance yang membantu menurunkan TCO dengan desain hard disk berlapis helium untuk konsumsi daya dan bobot yang ringan.
  • Dengan garansi lima tahun, HDD beroperasi dalam kisaran suhu +5 hingga +60 °C dan peringkat MTBF 2,5 juta jam.
  • Kecepatan baca maksimum 554 MB/s pada versi SAS dan 545 MB/s pada versi SATA (tercepat di pasaran saat ini).
  • Operasi baca dan tulis acak dalam blok 4KB adalah 304/560 IOPS.
  • Latensi rata-rata 4,16 ms, dengan buffer 256 MB dan ukuran sektor 512 byte

Meskipun masih belum ada informasi mengenai harganya, di situs web Seagate sudah terdapat halaman khusus untuk model Exos 2X18.

Penulis: Agus SupriyadiEditor: Rizki Daryono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *