Apa Itu Domain? Apa Saja Jenisnya dan Bagaimana Cara Membelinya?

apa itu domain, apa saja jenisnya dan bagaimana cara membelinya

Di dunia nyata, jika anda ingin membuka sebuah bisnis, maka anda harus memiliki nama dan alamat usaha untuk memudahkan siapa saja mengenali bisnis anda. Begitu juga di internet, anda harus memiliki domain jika ingin website anda bisa dikenali dan diakses dengan mudah. Memilih nama domain akan menjadi titik awal sebelum membawa website anda eksis di internet.

Table of Contents

Pada artikel ini kami akan membahas apa itu domain web beserta keuntungan memilikinya. Selain itu, penting juga anda mengetahui jenis-jenis domain dan bagaimana cara mendapatkannya.

Apa itu domain web?

Domain web adalah nama yang berfungsi untuk mengidentifikasi secara unik sekumpulan komputer yang terhubung ke Internet. Karena bersifat unik dan hanya akan ada satu orang, lembaga, perusahaan atau organisasi dengan nama tersebut. Organisasi yang bertanggung jawab memastikan hal ini adalah IANA dan ICANN.

Salah satu tujuan utama domain adalah untuk memudahkan menghafal alamat komputer atau website. Sebab, jika tidak demikian, anda harus menghafal alamat IP-nya, misalnya untuk situs www.google.com, tanpa domain anda harus memasukkan 172.217.10.110 di browser.

Domain web itu sendiri memiliki beberapa tingkatan dimana setiap tingkatan diwakili oleh titik, misal domain www.google.com terdiri dari 3 tingkatan.

  • com adalah ekstensi domain (tingkat pertama)
  • google adalah nama domain yang panjangnya bisa 3 sampai 63 karakter (tingkat kedua)
  • www adalah nama subdomain dimana biasanya digunakan untuk situs yang memiliki subdomain lain. (tingkat ketiga)

Jenis-Jenis domain

Berikut adalah jenis-jenis domain yang ada.

TLD (Top Level Domain)

TLD adalah domain yang memiliki ekstensi tingkat atas dimana tingkat pertama adalah ekstensi domain dan tingkat kedua adalah nama domain. Domain TLD memiliki tiga sub jenis yaitu, ccTLD (teritorial), gTLD (umum), dan sTLD (bersponsor).

TLD memiliki tiga sub-jenis:

TLD teritorial – ccTLD (country code Top Level Domain)

Jenis domain ini biasanya sesuai dengan inisial nama negara dan biasanya digunakan ketika suatu merek atau organisasi ingin menargetkan kunjungan dari wilayah tertentu dan menyediakan konten khusus untuk wilayah tersebut.

Beberapa contoh domain ini adalah domain yang diakhiri dengan .id dari Indonesia, .my dari Malaysia, atau .jp dari Jepang. Terkadang mereka juga digunakan sebagai subdivisi untuk terjemahan ke berbagai bahasa.

TLD umum – gTLD (generic Top Level Domain)

gTLD adalah jenis domain dengan ekstensi yang paling populer dan umum: .com, .net, .org, dll.

Ekstensi gTLD awalnya ditujukan untuk membuat jenis situs web tematik tertentu, misalnya .org untuk organisasi, .net untuk perusahaan teknologi, atau .edu untuk organisasi pendidikan. Orientasi ini tidak berlaku lagi saat ini, karena penggunaan ekstensi seperti .com telah meluas untuk semua jenis proyek.

TLD bersponsor – sTLD (sponsored Top Level Domain)

sTLD adalah domain yang ditujukan untuk organisasi atau sektor tertentu. Jenis domain ini tidak dikelola oleh ICANN, melainkan pengelolaannya telah dialihkan ke organisasi swasta.

Contoh domain sTLD adalah .travel (disponsori oleh Tralliance Corporation), .tel (disponsori oleh TelNic Ltd) atau .aero (disponsori oleh SITA).

SLD (Second Level Domain)

Sebagian orang mungkin menganggap SLD adalah nama domain itu sendiri. Di Indonesia, SLD bisa merupakan bagian dari ekstensi domain atau sub dari ccTLD (.id), karena ini bisa digunakan untuk menunjukkan penggunaan TLD. Contoh, .co.id untuk penggunaan komersial atau .ac.id untuk penggunaan institusi akademik. Tidak seperti domain .com, beberapa domain SLD harus menyertakan syarat-syarat tertentu untuk membelinya. Oleh karena itu, tidak sembarang orang bisa membeli domain seperti co.id, ac.id atau sch.id

Subdomain

Subdomain atau yang juga disebut sebagai Third Level Doman, adalah opsi yang tersedia di hosting untuk anda membuat area tertentu di situs web secara independen atau berbeda dari yang lain. Ini adalah turunan dari domain utama yang dibuat dengan menambahkan satu kata atau lebih yang dipisahkan tanda titik di sebelah kiri nama domain.

Situs-situs portal media besar biasanya menggunakan subdomain untuk pengidentifikasi tiap tema bahasan. Misal dalam situs www.detik.com memiliki subdomain sport.detik.com, health.detik.com dan sebagainya. Sementara itu, www adalah subdomain umum yang biasanya merujuk ke domain utama.

Apa keunggulan memiliki domain?

Sebenarnya anda bisa saja menyediakan informasi mengenai usaha anda di situs blog gratis, seperti blogspot atau wordpress. Hanya berbekal alamat email, anda sudah bisa mendapatkan subdomain dan hosting gratis. Tetapi, dengan anda memiliki domain, ada keunggulan lain dibanding menggunakan situs blog gratis, diantaranya adalah :

  • Meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme
  • Memudahkan akses ke situs website anda, karena lebih mudah diingat
  • Melindungi merek atau nama usaha anda
  • Posisi yang lebih menguntungkan di pencarian Search Engine

Berapa harga domain?

Harga domain bervariasi tergantung dimana anda mendaftarkannya dan ekstensi yang anda inginkan. Berikut adalah perkiraan harga domain dari beberapa ekstensi yang populer.

Ekstensi DomainPerkiraan HargaAda Syarat
.com150.000 – 200.000Tidak
.net200.000 – 250.000Tidak
.id250.000 – 300.000Tidak
.my.id12.000 – 50.000Tidak
.web.id50.000 – 100.000Ya
.co.id300.000 – 400.000Ya

Bagaimana cara membeli domain?

Kami akan menunjukkan bagaimana cara membeli domain dengan mudah melalui situs Domainesia.

1. Buka situs penyedia layanan hosting dan domain Domainesia.

2. Klik menu Sign In di pojok kanan atas untuk membuka halaman login.

3. Buat akun terlebih dahulu dengan mengeklik tombol Sign up.

4. Isi dan lengkapi terlebih dahulu data diri anda. Jika sudah klik Lanjut.

5. Isi data alamat dan no telpon anda. Jangan lupa centang bagian opsi Terms of Service di bawah. Klik Sign Up untuk mendaftar.

6. Akun anda telah berhasil di buat. Sekarang anda bisa membeli domain dan layanan lainnya. Untuk membeli domain. Arahkan pointer mouse ke Domain di bagian atas, klik Domain Murah.

8. Masukkan nama domain pada kolom Cek Domain & Beli Domain Murah. Klik Cari.

9. Pilih domain yang tersedia dengan ekstensi yang anda inginkan. Klik pada tombol Daftarkan Domain. Jika ekstensi yang anda inginkan tidak tersedia, anda bisa mencoba nama lain.

10. Pada halaman pemesanan domain, masukkan email anda di kolom Email Anda. Klik Masukkan Troli.

11. Pada halaman troli, masukkan password akun member anda untuk melanjutkan transaksi. Klik Sign In.

12. Anda akan diminta konfirmasi, beri centang pada Terms of Service. Klik Selesaikan & Bayar.

13. Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah nominal yang diminta. Jangan lupa menambahkan berita transfer agar domain anda bisa langsung diproses secara otomatis.

Bagaimana cara membeli domain dan Layanan hosting?

Hosting merupakan tempat menyimpan file website yang ingin anda publikasi. Jadi, ketika seseorang membuka alamat domain anda, mereka melihat apa yang anda simpan di hosting. Keuntungan membeli domain dan hosting dalam satu provider adalah :

  • Anda tidak perlu melakukan pengaturan agar domain dan hosting terhubung
  • Memudahkan anda mengelola domain dan hosting
  • Memudahkan anda ketika ingin memperpanjang
  • Ketika terjadi permasalahan dan anda kesulitan memperbaikinya, tim support akan lebih mudah menanganinya.
  • Anda berkesempatan tidak perlu membayar domain untuk tahun pertama pada paket tertentu

Untuk membeli domain dan hosting di domainesia adalah sebagai berikut:

1. Pada halaman utama situs, arahkan pointer mouse ke Domain. Pilih Domain Murah.

2. Masukkan nama domain pada kolom Cek Domain & Beli Domain Murah. Klik Cari.

3. Pilih domain yang tersedia dengan ekstensi yang anda inginkan. Klik pada tombol Pesan Paket Hemat.

4. Pilih Paket Hosting, Lokasi Server, dan Siklus. Jika sudah klik Masukkan Troli.

5. Pada halaman troli, masukkan password akun member anda. Klik Sign In.

6. Anda akan diminta konfirmasi, beri centang pada Terms of Service. Klik Selesaikan & Bayar.

7. Lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah nominal yang diminta. Jangan lupa menambahkan berita transfer agar domain dan layanan hosting anda bisa langsung diproses secara otomatis.

Demikian artikel kami tentang apa itu domain dan bagaimana cara membelinya, semoga anda memahami apa yang kami jelaskan pada postingan kali ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *