Office  

Cara Undo dan Redo di Word

Membatalkan dan mengulangi perintah di Word

Membuat kesalahan ketika sedang mengerjakan tugas di Word adalah hal yang biasa. Anda mungkin akan sering mengalaminya, tetapi yang terpenting adalah bagaimana anda memperbaiki kesalahan tersebut dengan cepat.

Microsoft Word memiliki fitur yang paling mudah dan cepat untuk memperbaiki kesalahan dalam mengetik atau menjalankan perintah, yaitu Undo. Perintah Undo adalah untuk mengembalikan tampilan teks seperti sebelum dijalankannya perintah terakhir. Jadi, jika anda sudah menjalankan beberapa perintah, anda bisa membatalkan perintah-perintah tersebut secara berurutan dengan menjalankan perintah Undo beberapa kali. Ada dua cara untuk melakukan hal ini, yaitu melalui pintasan keyboard dan tombol di Quick Access Toolbar.

Menjalankan perintah Undo

Menjalankan perintah Undo bisa dilakukan dengan menekan tombol pintasan CTRL+Z di keyboard. Anda dapat membatalkan beberapa perintah terakhir sebelumnya, dengan menekan CTRL+Z beberapa kali hingga menampilkan hasil sesuai dengan apa yang anda inginkan. Jika anda tidak ingin menggunakan pintasan keyboard, anda bisa mengklik tombol Undo () di Quick Access Toolbar.

Menjalankan perintah Redo

Jika anda terlalu banyak menjalankan perintah Undo, anda tidak perlu khawatir karena Word sudah menyediakan tombol Redo yang berguna untuk membatalkan perintah Undo secara berurutan. Letak tombol Redo () berada di sebelah kanan tombol Undo () di Quick Access Toolbar. Jika anda ingin mengakses perintah Redo lebih cepat, anda bisa menggunakan pintasan CTRL+Y.

Agar lebih jelas dari kegunaan perintah Undo dan Redo, lihat gambar berikut.

Teks di atas setelah diseleksi, kemudian diberikan format warna teks berwarna merah. Jika anda menjalankan perintah Undo, maka perintah terakhir, yaitu perintah memberikan warna teks akan dibatalkan.

Karena perintah memberikan warna teks dibatalkan, maka warna teks kembali ke warna asli. Jika perintah Undo yang anda jalankan merupakan sebuah kesalahan, anda bisa membatalkannya dengan menjalankan perintah Redo dan teks dikembalikan ke sebelum perintah undo dijalankan yaitu berwarna merah.

Penulis: F FeryantoEditor: Rizki Daryono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *