News  

HyperOS, Pengganti MIUI dan Perangkat Yang Kebagian Update

Setelah selama bertahun-tahun menggunakan MIUI, Xiaomi kini akan beralih ke UI baru yang bernama HyperOS. Xiaomi 14 disebut sebagai perangkat pertama yang akan menggunakannya.

Bersama HyperOS, Xiaomi akan membuka sebuah era baru dengan menyatukan dan merevolusi seluruh ekosistem produk perusahaan, mulai dari ponsel, televisi, hingga mobil listrik masa depan menggunakan perangkat lunak inovatif ini.

Meski HyperOS didefinisikan sebagai “sistem operasi baru”, namun sebenarnya ini tidak tepat, mengingat basisnya masih Android, khususnya Android versi 14 yang dikombinasikan dengan Vela, platform perangkat lunak IoT milik Xiaomi.

Poin Utama HyperOS

  • Kinerja yang lebih optimal : firmware akan berukuran hanya 8,75 GB dimana akan menjadikannya salah satu sistem paling ringan yang ada di pasaran saat ini. Selain itu, HyperOS juga mampu menghasilkan latensi disk yang lebih baik, animasi yang lebih halus dan konsumsi daya yang lebih rendah.
  • HyperConnect untuk ekosistem yang terhubung : memungkinkan pengguna mengontrol semua perangkat Xiaomi yang terhubung dari mana saja berkat kerangka kerja terintegrasi yang memfasilitasi koneksi dan interaksi antar perangkat.
  • AI Proaktif dengan HyperMind : Subsistem yang menggunakan AI untuk membuat perangkat yang terhubung menjadi lebih pintar dan mampu mempelajari kebiasaan dan kebutuhan pengguna.

HyperOS dikembangkan sejak tahun 2017 dan dirancang untuk menghadirkan koherensi pada lanskap IoT (Internet of Things). Sistem mampu beroperasi dengan RAM minimal 64KB, mendukung hingga 24GB, tergantung kebutuhan. Misinya adalah menyatukan semua perangkat ekosistem ke dalam satu kerangka sistem yang terintegrasi.

Perangkat yang Mendapat Update

HyperOS akan hadir pada perangkat baru Xiaomi 14 , Xiaomi Watch S3, dan miniLED Xiaomi TV S Pro 85 inci. Perangkat lama di Tiongkok akan mendapat update mulai Desember 2023. Update global akan diluncurkan pada Januari 2024 secara bertahap. Diantara perangkat yang memenuhi syarat untuk mendapat update HyperOS adalah sebagai berikut:

  • Xiaomi 13, Xiaomi 13 Pro, Xiaomi 13 Ultra
  • Redmi K60, Redmi K60 Pro, Redmi K60 Extreme Edition
  • Xiaomi Mix Fold 3
  • Xiaomi Mix Fold 2
  • Xiaomi Pad 6, Xiaomi Pad 6 Pro, Xiaomi Pad 6 Max 14
  • Xiaomi TV S Pro (85-inch, 75-inch, and 65-inch)
  • Xiaomi Sound Speaker
  • Xiaomi Smart Camera 3 Pro PTZ

Daftar ini kemungkinan akan bertambah karena Xiaomi berjanji bahwa akan lebih banyak perangkat yang mendukung HyperOS. Bocoran ponsel yang akan menerima UI juga baru diungkap situs xiaomiui.net. Sejumlah perangkat Xiaomi, Redmi, dan Poco masuk dalam daftar kebagian HyperOS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *