Mengenal PSU 80 Plus: Bronze, Silver, Gold, Platinum dan Titanium

Power Supply Unit (PSU) merupakan salah satu komponen yang krusial karena memiliki peran menyuplai daya ke seluruh komponen komputer lainnya. Agar hardware komputer awet dan terjaga performanya dibutuhkan PSU yang handal dan mampu memberikan daya yang dibutuhkan. Maka dari itu, jika anda sedang berniat untuk membangun sebuah PC sudah seharusnya anda tidak memilih PSU secara asal-asalan.

Saat ini sering kali kita jumpai PSU dengan sertifikasi 80 plus di pasaran. PSU ini memiliki harga yang jauh lebih mahal dibanding PSU biasa. Nah, apa sebenarnya PSU 80 plus itu? Apakah PSU 80 plus adalah PSU yang bagus?

Apa Itu PSU 80 PLUS?

80 Plus adalah sertifikasi yang mewakili nilai efisiensi power supply (PSU) pada beban 20, 50, dan 100% serta memiliki faktor daya minimal 0,9 pada beban 50%. Jadi, jika anda menjumpai PSU dengan label 80 Plus, berarti PSU tersebut mampu mengubah minimal 80% listrik menjadi daya yang digunakan oleh komponen komputer, dan maksimal hanyal 20% yang terbuang sebagai panas.

Sertifikasi 80 plus memiliki beberapa tingkatan efisiensi, yakni White, Bronze, Silver, Gold, Platinum, dan Titanium. Berikut adalah tabel perbedaan dari 6 tingkat efisiensi sertifikasi 80 plus untuk PSU komputer dekstop dengan input 115V.

Tingkat EfisiensiEfisiensi pada beban
20%50%100%
White80%80%80%
Bronze82%85%82%
Silver85%88%85%
Gold87%90%87%
Platinum90%92%89%
Titanium92%94%90%

Menghitung Efisiensi

Agar anda lebih memahami seberapa efisien PSU dengan sertifikasi 80 plus, mari kita coba lakukan perhitungan. Misal anda memiliki PSU 80+ Bronze 600W untuk menghidupkan komputer dengan beban 300W (50%). Maka, sebenarnya PSU mengambil daya lebih besar dari sumber listrik, yakni 300:85%=352W. Dari total daya tersebut, 300W dialirkan ke komponen PC dan 52W hilang sebagai panas.

Mengapa memilih PSU 80 PLUS?

PSU yang sudah tersertifikasi 80 plus menjamin bahwa minimal 80% daya digunakan oleh PC dan maksimal hanya 20% dibuang sebagai panas. Jadi, PSU 80 plus memiliki kelebihan sebagai berikut:

  1. Lebih hemat energi.
  2. Tidak menghasilkan banyak panas yang bisa merusak komponen hardware.
  3. PSU memiliki komponen lebih baik.
  4. Dengan sedikit panas yang dihasilkan, membuat performa sistem lebih stabil.

Apakah PSU 80 PLUS berkualitas bagus?

Sertifikasi 80 Plus hanya menunjukkan bahwa PSU tersebut telah melalui uji efisiensi. Tidak ada jaminan bahwa komponen-komponen di dalamnya memiliki kualitas terbaik. Perlu penilaian lebih mendalam mengenai hal tersebut. Namun, adanya sertifikasi 80 plus membuat anda tidak salah membeli PSU abal-abal. Dengan efisiensi minimal 80% otomatis lebih sedikit daya yang terbuang menjadi panas sehingga PSU tidak banyak menghasilkan panas yang bisa berdampak buruk ke hardware lain. Anda bisa memeriksa hasil pengujian dari PSU tersebut melalui situs berikut.

Kesimpulan

Dengan adanya sertifikasi 80 plus, anda bisa dengan mudah menemukan PSU yang bekerja paling efisien. Semakin tinggi tingkat sertifikasinya, maka PSU semakin sedikit menghasilkan panas dan lebih hemat daya.

Penulis: F FeryantoEditor: Tomi Andri Kurniawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *