Cara Memilih PSU Yang Tepat Untuk PC Anda

Salah satu hal penting dalam merakit PC adalah memilih PSU yang tepat. PSU merupakan salah satu komponen vital karena menyediakan daya yang dibutuhkan setiap komponen yang terpasang di PC. Oleh karena itu, memilih PSU yang tepat merupakan hal yang penting dalam merakit PC untuk memberikan pasokan daya yang stabil dan efisien di PC anda sehingga hardware yang terhubung bisa berumur panjang.

Saat ini banyak pilihan PSU yang tersedia di pasaran. Hal ini mungkin akan membuat bingung sebagian orang yang akan membangun sebuah PC. Untuk itu, kali ini kami akan membahas cara memilih PSU yang tepat untuk anda, agar anda tidak salah membeli dan kemudian menyesal di kemudian hari.

7 Hal yang harus anda pertimbangkan dalam memilih PSU

Berikut adalah hal-hal yang harus anda pertimbangkan dalam memilih PSU agar PC yang akan anda bangun bisa berjalan normal dan lancar.

Kebutuhan Daya

Menghitung kebutuhan daya merupakan salah satu aspek terpenting dalam memilih PSU. Anda harus menghitung total kebutuhan daya untuk CPU, GPU, RAM, dan semua komponen yang akan anda sertakan. Tambahkan 20-30% dari total watt kebutuhan daya sebagai margin untuk memastikan daya yang dibutuhkan setiap komponen cukup terutama saat komponen bekerja maksimal.

Sertifikasi 80 Plus

Sertifikasi 80 plus memastikan PSU bekerja efisien dengan setidaknya 80% daya dari listrik dapat digunakan untuk perangkat dan 20% terbuang sebagai panas. Saat ini ada 6 tingkat sertifikasi 80 plus dimana yang tertinggi memiliki efisiensi terbaik. Berikut adalah tingkat sertifikasi 80 plus :

  • White
  • Bronze
  • Silver
  • Gold
  • Platinum
  • Titanium

Jika PC akan anda gunakan untuk pekerjaan ringan, anda bisa memilih White atau Bronze. Untuk pekerjaan medium, PSU dengan sertifikasi Silver atau Gold bisa menjadi pilihan. Sementara, pekerjaan berat seperti mining, render 3D, atau bermain game-game dengan kualitas grafis papan atas, sangat disarankan untuk memilih PSU dengan efisiensi tingkat Platinum atau Titanium.

Untuk memeriksa sertifikasi pengujian efisiensi anda bisa mengakses situs berikut.

Kualitas PSU

Memilih PSU yang berkualitas tentu adalah sebuah keharusan. Kualitas buruk dari PSU mungkin akan membuat PC anda tidak bekerja maksimal dan bahkan membuat hardware lain rusak. Untuk mengetahui kualitas dari PSU, anda bisa melihat daftar tier list yang dibuat oleh Cultists Network. Daftar ini dibuat oleh orang-orang profesional berdasar kualitas dan keandalan komponen di dalamnya. Jika anda ingin membangun PC untuk pekerjaan berat sebaiknya anda memilih PSU dari daftar tier A.

Form Factor

Jika anda menggunakan Casing PC ATX atau E-ATX mungkin anda tidak perlu memperhatikan form factor PSU. Karena sebagian besar PSU dirancang untuk casing ini. Namun, jika anda menggunakan casing SFF, mungkin anda memerlukan PSU dengan dengan ukuran kecil dengan form factor SFX. Periksa kembali detail spesifikasi casing PC yang anda gunakan untuk mengetahui form factor yang tepat.

Kebutuhan Konektor

credit: www.fsplifestyle.com

Sebelum anda membeli, pastikan PSU pilihan anda menyediakan konektor yang anda butuhkan. GPU kelas atas tipe terbaru biasanya menggunakan konektor 12VHPWR (16 Pin). Konektor jenis ini tidak dimiliki semua PSU. Jangan lupa pastikan juga jumlah konektor yang anda butuhkan cukup untuk semua komponen.

Modular vs Non-Modular

be quiet dark power pro 12 modular-2
credit: www.bequiet.com

Mungkin anda akan menemukan jenis PSU modular, semi-modular, dan non-modular ketika sedang mencari-cari PSU yang cocok untuk PC anda. PSU modular dan semi modular biasanya harganya lebih mahal daripada non-modular. Hal ini karena PSU modular dan semi modular menawarkan kemudahan dalam menjemen kabel. Anda bisa memasang kabel yang anda butuhkan saja. Sementara, semua kabel PSU non-modular terpasang permanen sehingga mungkin akan sedikit merepotkan ketika anda hendak membuat kabel-kabel di PC anda tampak rapi.

Sesuaikan dengan budget

Saat ini sangat banyak pilihan PSU di pasaran. Harga yang ditawarkan oleh para produsen juga bervariasi. Mungkin anda akan menemukan PSU sesuai kebutuhan anda dengan kualitas yang sama bagusnya namun dijual dengan harga sedikit lebih murah dan ini bisa menghemat uang anda. Memilih PSU yang sedikit lebih murah bukanlah hal buruk selama anda tidak mengorbankan kualitas dan sesuai kebutuhan anda.

Kesimpulan

Dalam memilih PSU, selain kebutuhan PC anda harus terpenuhi juga jangan pernah berkompromi dengan kualitas. Selalu pikirkan efek jangka panjang untuk semua hardware PC anda. Dengan memilih PSU yang tepat, komponen komputer akan awet, tagihan listrik lebih hemat dan anda tidak menyesal di kemudian hari.

Penulis: F FeryantoEditor: Rizki Daryono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *