Apa Itu File ODS dan Bagaimana Cara Membukanya?

Bagi sebagian besar orang terutama pengguna Windows, mungkin kurang begitu familiar dengan file berekstensi .ods. Pada postingan kali ini kami akan membahas tentang apa itu file .ods, bagaimana cara membuka dan konversi .ods ke excel.

Apa itu file .ods?

File .ods adalah format “bebas dan terbuka” universal untuk file spreadsheet yang dibuat dalam program OpenDocument Format (ODF). ODS merupakan singkatan dari OpenDocument Spreadsheet, yang berarti format ini mendukung spreadsheet yang bisa diakses berbagai aplikasi dan gratis. Sama halnya dengan file spreadsheet lain, format ini juga mendukung beragam elemen, seperti grafik, rumus matematika, dan makro, yang memungkinkan penggunaan yang lebih canggih dan efisien.

Kelebihan file ODS

Karena format file ODS open source dan gratis, kenyamanan dan fleksibilitas dalam menyimpan file menjadi kelebihan dari file ini. Anda bisa menyimpan file spreadsheet anda ke file ODS dan kemudian membagikannya ke siapapun bahkan pengguna program spreadsheet open source. Selain itu, file ODS juga memiliki fitur-fitur file spreadsheet lainnya, seperti perhitungan matematis, validasi data, pivot table, macro dan pencarian teks yang membuat pengolahan data menjadi lebih efisien.

Cara membuka file ODS

Untuk membuka file ODS, anda harus memiliki program spreadsheet yang terinstal. Progam yang populer adalah LibreOffice, alternatif gratis pengganti Microsoft Office yang tersedia di berbagai platform. Selain itu, jika anda menggunakan program office suite Windows, Microsoft Excel juga mendukung format ODS dan memungkinkan anda membuka dan mengedit file dengan mudah.

Jika anda tidak memiliki program spreadsheet yang terinstal, anda masih bisa memanfaat browser seperti Chrome atau Edge untuk membuka file ODS secara online. Cukup upload file ODS ke google drive, dan anda bisa membukanya menggunakan Google Sheets.

Konversi File ODS ke Excel (xlsx)

Jika anda ingin mengubah file ODS ke XLSX excel, caranya sangat mudah. Buka file ODS dengan program spreadsheet, misalnya Microsoft Excel. Klik File -> Save As. Sebelum menyimpan, ubah tipe file dari ODS ke XLSX.

Anda juga bisa mengonversi file ODS ke Excel secara online dengan mudah melalui situs Zamzar. Anda cukup mengupload file, dan anda bisa langsung mendownload file Excel hasil konversi file ODS ke XLSX.

ODS vs. Format Spreadsheet Lainnya

ODS memiliki beberapa perbedaan dengan format file spreadsheet lainnya, misalnya XLSX dan CSV. Berikut adalah perbandingan antara file ODS dengan XLSX dan CSV.

ODS vs. XLSX

  • ODS merupakan bagian dari OpenDocument Format (ODF), sementara XLSX merupakan format standar dari Microsoft Excel.
  • ODS mendapat dukungan penuh di berbagai aplikasi open-source dan beberapa aplikasi komersial, sementara itu tidak semua program spreadsheet open source mendukung penuh format XLSX.
  • ODS adalah format open source dimana anda dapat mengakses dan mengedit file tanpa pembatasan, sementara XLSX memerlukan lisensi dan aksesnya terbatas.

ODS vs. CSV

  • ODS menyimpan data dalam format tabel yang terstruktur, sementara CSV (Comma-Separated Values) hanya menyimpan data sebagai teks dengan nilai yang dipisahkan oleh koma.
  • ODS dapat menyimpan rumus matematika, pemformatan, dan elemen visual seperti grafik, sedangkan CSV hanya menyimpan data mentah tanpa fitur tambahan namun kelebihannya file yang dihasilkan lebih kecil.

Kesimpulan

File ODS merupakan format file open source yang memungkinkan untuk berbagi data ke setiap pengguna lintas platform dengan kemampuan yang hampir sama dengan file spreadsheet lain, seperti XLSX. Meskipun saat ini banyak juga program spreadsheet gratis yang mendukung XLSX, namun format file ODS bisa menjadi pilihan alternatif.

Penulis: F FeryantoEditor: Rizki Daryono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *