Cara Menghapus Temporary Files Windows 10

Jika kapasitas drive sistem pada komputermu sudah mulai penuh, Windows 10 memiliki beberapa cara untuk menghapus Temporary files, dan mengosongkan recycle bin yang membuat kapasitas penyimpananmu penuh.

Temporary files biasanya merupakan file yang menyimpan informasi sementara. Namun, Windows 10 memiliki banyak jenis Temporary files lainnya, diantaranya file sisa setelah menginstal versi baru, log pemutakhiran, pelaporan kesalahan, temporary files instalasi Windows, dan banyak lagi.

Biasanya, file-file ini tidak akan menyebabkan masalah apa pun. Namun, file-file tersebut dapat membesar dan memenuhi ruang kapasitas Harddisk atau SSD kamu, yang dapat mencegah Windows 10 kamu tidak dapat diperbarui, atau membuat kamu kehabisan ruang penyimpanan.

Table of Contents

Jika kamu menggunakan Windows 10, kamu memiliki beberapa cara untuk menghapus temporary files yang aman di komputermu melalui Settings dan Disk Cleanup.

Dalam panduan ini, kamu akan mempelajari cara cepat menghapus Temporary files di Windows 10 untuk mengosongkan ruang atau mendapatkan kembali ruang penyimpanan setelah menginstal pembaruan fitur.

Menghapus Temporary files melalui Settings

Di Windows 10, kamu dapat menghapus Temporary files melalui Settings secara manual atau otomatis, tetapi langkah-langkahnya akan sedikit berbeda tergantung pada versi Windows 10 kamu.

Cara Menghapus Temporary files di Windows 10 versi 1903 ke atas

Untuk menghapus Temporary files di Windows 10 versi 1903, 1909, 2004, 20H2, 21H1, dan yang lebih baru, gunakan langkah-langkah berikut:

-Buka Settings di Windows 10, kemudian klik System.

-Klik pada Storage.

-Di bawah bagian “Local Disk”, klik opsi Temporary files.

-Pilih Temporary files yang ingin kamu hapus.

-Klik tombol Remove files.

Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkahnya, file sampah akan dihapus dari komputer kamu, mengosongkan ruang untuk file yang lebih penting.

Cara menghapus Temporary files di Windows 10 versi 1809 ke atas

Untuk menghapus Temporary files secara manual melalui Settings pada versi 1809 dan sebelumnya, ikuti langkah-langkah berikut:

-Buka Settings, Kemudian klik pada System.

-Klik pada Storage.

-Klik opsi Free up space now.

Pilih file yang ingin kamu hapus, diantaranya:

  • Windows upgrade log files.
  • System created Windows Error Reporting files.
  • Windows Defender Antivirus.
  • Windows Update Cleanup.
  • Thumbnails.
  • Temporary files.
  • Recycle Bin.
  • Temporary Internet Files.
  • Delivery Optimization Files.
  • DirectX Shader Cache.
  • Previous Windows Installation(s).

Klik tombol Remove files.

Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkahnya, file-file yang dipilih itu akan dihapus secara permanen dari komputermu, ruang Hard Drive yang lega bisa digunakan untuk file yang lebih penting.

Jika kamu memilih untuk menghapus file dari versi Windows 10 sebelumnya, pertimbangkan bahwa kamu tidak akan roll back ke versi sebelumnya tanpa file-file ini. Meskipun, setelah pembaruan fitur diinstal pada perangkat kamu, sistem operasi tetap menghapus file ini secara otomatis setelah 10 hari.

Cara menghapus Temporary files secara otomatis di Windows 10 versi 1903 ke atas

Alternatif lain, kamu dapat memanfaatkan fitur “Storage sense” untuk mengosongkan ruang secara otomatis dengan menghapus file dan konten sementara tersebut dari Recycle Bin.

Untuk menghapus file yang menghabiskan ruang disk secara otomatis menggunakan Storage Sense pada Windows 10 versi 1903 ke atas:

-Buka Settings, kemudian klik System.

-Klik pada Storage.

-Di bawah bagian “Storage”, ubah opsi menjadi ON.

(Opsional) Klik “Configure Storage Sense or run it now” untuk menyesuaikan pengaturan pembersihan atau menjalankan Storage Sense sesuai permintaan.

Setelah kamu menjalankan langkah-langkah di atas, Storage sense akan menghapus sebagian besar Temporary files dan file-file yang telah berada di Recycle Bin selama lebih dari 30 hari.

Cara menghapus Temporary files secara otomatis di Windows 10 versi 1809 ke bawah

Untuk menghapus file yang menghabiskan ruang secara otomatis menggunakan Storage Sense pada Windows 10 versi 1809 sebelumnya:

-Buka Settings, Kemudian klik pada System.

-Klik pada Storage.

-Aktifkan opsi Storage sense.

(Opsional) Klik opsi “Change how we free up space” untuk menjadwalkan pembersihan otomatis atau menjalankan Storage sense sesuai permintaan untuk mengosongkan ruang di Windows 10.

Setelah menyelesaikan langkah-langkah tersebut, Windows 10 akan secara otomatis menghapus file-file sementara dan file-file yang telah berada di Recycle Bin selama lebih dari 30 hari.

Menghapus Temporary files menggunakan Disk Cleanup

Jika Kamu mendapatkan pesan tentang perangkat Kamu kehabisan ruang, Kamu juga dapat menggunakan alat Pembersihan Disk untuk menghapus file sementara guna mengosongkan ruang di perangkat Kamu.

Untuk menghapus file sementara menggunakan Disk Cleanup, gunakan langkah-langkah berikut:

-Buka File Explorer di Windows 10.

-Klik pada This PC.

-Klik kanan drive tempat instalasi Windows 10 (misal drive C:) dan pilih opsi Properties.

-Klik tombol Dik Cleanup.

-Klik tombol “Clean up System files”.

-Centang item yang ingin kamu hapus. Misalnya, Temporary Windows Installation Files, Windows upgrade log files, Recycle Bin, Temporary Files, dan System created Windows Error Reporting.

-Klik OK, kemudian klik Delete Files.

Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkahnya, Temporary files akan dihapus secara permanen dari komputermu, memberikan ruang untuk file-file baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *