Cara Memeriksa Kesehatan dan Memperbaiki Harddisk Dengan CHKDSK di Windows 11

cara memeriksa kesehatan dan memperbaiki harddisk dengan chkdsk di Windows 11

Meskipun SSD telah hadir dan banyak digunakan oleh pengguna komputer Windows, tetapi masih banyak pengguna yang menggunakan harddisk untuk penyimpanan data. Karena harddisk masih menggunakan piringan cakram magnetis, terkadang pengguna akan mengalami masalah seperti bad sector, Volume Corruption dan system error. Untuk mengatasi hal ini, Windows menyematkan fitur Check Disk.

Table of Contents

Pada postingan kali ini kami akan membahas bagaimana cara memeriksa kesehatan dan memperbaiki harddisk yang error dengan chkdsk di Windows 11.

Apa itu Chkdsk dan kapan menggunakannya?

Disk Error adalah masalah umum yang dihadapi banyak pengguna. Windows menyediakan tool utilitas bawaaan yang disebut chkdsk untuk menangani hal ini. Chkdsk adalah perangkat lunak utilitas Windows dasar yang memindai kesalahan pada harddisk, flashdisk, ssd atau disk eksternal dan mampu memperbaiki file system errors. CHKDSK pada dasarnya memastikan bahwa disk dalam kondisi sehat dengan memeriksa struktur fisik disk. Memperbaiki cluster yang hilang, bad sector, kesalahan direktori, dan file yang saling terkait.

Beberapa fitur utama chkdsk adalah:

  • Memindai dan memperbaiki error pada drive NTFS / FAT .
  • Mencari dan memperbaiki bad sector pada harddisk.
  • tool ini juga dapat memindai perangkat penyimpanan data yang berbasis flash memory seperti flashdisk, ssd eksternal untuk mencari error.

Sebagai bagian dari pemeliharaan harddisk, anda sebaiknya menjalankan tool chkdsk secara berkala pada harddisk. Anda juga bisa menjalankan chkdsk setiap kali Windows tiba-tiba Blue Screen, lemot, ngehang atau restart mendadak.

Tool utility ini dapat memperbaiki berbagai masalah, termasuk cluster yang hilang, bad sector, kesalahan direktori, dan file yang saling terkait. Berikutnya kami akan membahas bagaimana cara memeriksa disk error dengan menggunakan tool chkdsk di Windows 11.

Cara Memeriksa Disk Errors Menggunakan CHKDSK di Windows 11

Menjalankan chkdsk untuk memeriksa kerusakan pada harddisk sangat mudah. Jika anda masih bisa mengakses drive dengan mudah, anda bisa menjalankan CHKDSK versi GUI. Tetapi, jika mengakses drive disk membuat komputer anda berjalan lambat atau ngehang, anda bisa menjalankan CHKDSK versi CMD.

Menjalankan CHKDSK GUI

1. Buka File Explorer,

2. Pada menu sebelah kiri, klik This PC.

3. Klik kanan pada drive yang ingin anda periksa kesehatannya menggunakan CHKDSK, dan pilih Properties.

3. Sekarang, klik pada tab Tools.

4. Pada bagian Error checking, klik tombol Check.

5. Jika muncul jendela berikut, klik Repair drive.

6. Jika muncul pemberitahuan bahwa proses pemeriksaan tidak dapat dilakukan, maka tutup semua program atau aplikasi yang sedang terbuka. Kemudian ulangi lagi langkah di atas.

Menjalankan CHKDSK di CMD

1. Klik ikon Start, kemudian ketik cmd.

2. Klik kanan pada hasil pencarian teratas, yaitu Command Prompt. Pilih Run as administrator.

3. Jalankan perintah chkdsk [drive letter] untuk melakukan pemeriksaan kesehatan harddisk. Misal untuk memeriksa drive D:, jalankan perintah berikut:

chkdsk D:

4. Anda bisa menambahkan beberapa parameter seperti /f /r /x di akhir perintah di atas. /f adalah tanda yang memberikan izin kepada chkdsk untuk memperbaiki error apapun yang terkait dengan drive tersebut, /r memungkinkan chkdsk mencari bad sector dan melakukan pemulihan dan /x memberitahu kontrol disk untuk melepas drive sebelum memulai proses.

Untuk memelihat parameter-parameter lain, jalankan perintah berikut

chkdsk /?

Demikian artikel kami tentang bagaimana cara memeriksa error atau masalah di harddisk menggunakan CHKDSK di Windows 11. Jika ada yang kurang jelas atau perlu ditanyakan, silahkan tulis di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *